INNOVATING JOGJA 2018: INKUBASI BISNIS BIDANG BATIK

PENGENALAN PROGRAM

Program Innovating Jogja 2018:Inkubasi Bisnis Bidang Batik merupakan inisiasi Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) dalam mengimplementasikan Permen 46 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Kerajinan dan Batik Pasal 24 butir (3) yang menyatakan bahwa Seksi Alih Teknologi dan Inkubasi mempunyai tugas untuk melakukan penyiapan bahan inkubasi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Innovating Jogja yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016, perbedaannya terletak pada fokus pelaksanaan dimana kegiatan ini akan lebih fokus pada penumbuhan usaha yang bergerak pada bidang batik, sesuai dengan misi Balai Besar Kerajinan dan Batik yang akan menjadi Pusat Unggulan Iptek Batik.

Kegiatan ini secara umum akan menggabungkan fungsi Innovating Jogja yang bertujuan menghasilkan start up berbasis inovasi dengan BBKB sebagai organisasi yang melaksanakan fungsi alih teknologi dan inkubasi industri.
Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan akan mampu menghasilkan wirausaha baru (tenant) pada bidang batik yang mandiri dalam melanjutkan usahanya secara kontinu setelah dinyatakan siap untuk dilepas dari inkubator.

Keluaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan Innovating Jogja 2018:Inkubasi Bisnis Bidang Batik adalah sebagai berikut:

Bagi Inkubator:

Tumbuhnya wirausaha muda bidang batik/kerajinan batik yang tangguh dan mandiri

Penyerapan tenaga kerja pada lapangan kerja baru yang dihasilkan

Bagi Tenant

Mampu menghasilkan produk yang standar

Mampu mengakses jaringan permodalan secara mandiri

Mampu membangun jaringan pemasaran bagi produk yang dihasilkan

TUJUAN
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Innovating Jogja 2018:Inkubasi Bisnis Bidang Batik adalah sebagai berikut: Menciptakan dan mengembangkan usaha baru dalam bidang batik dengan sentuhan inovasi yang mempunyai nilai ekonomi serta memiliki daya saing khususnya yang berhubungan dengan litbangyasa di BBKB

Mengoptimalkan pemanfaatan SDM terdidik dalam menggerakkan perekonomian melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi Melaksanakan alih teknologi sebagai bagian dari diseminasi dan implementasi hasil liitbangyasa BBKB

BIDANG INKUBASI
Bidang usaha yang dipersyaratkan bagi tenant dalam kegiatan Innovating Jogja 2018:Inkubasi Bisnis Bidang Batik adalah usaha di bidang batik atau kerajinan yang mendukung batik (kerajinan batik). Batasan usaha yang akan menjadi fokus adalah sebagai berikut:
1.Inovasi Bahan/Material dan Desain Produk Kerajinan Batik Definisi Inovasi Bahan/Material adalah Inovasi Batik pada media selain kain, atau inovasi bahan pendukung industri batik.  Sedangkan Inovasi Desain Produk Batik adalah inovasi produk batik yang ditekankan dari mulai penyiapan motif sampai dengan produk jadi.
2.Inovasi Peralatan/Teknologi Pendukung Industri Batik Definisi Inovasi Peralatan/Teknologi Pendukung Industri Batik adalah inovasi dibidang peralatan/teknologi pendukung industri batik, termasuk juga inovasi Teknologi Pengolahan Limbah Batik.

Persyaratan umum untuk menjadi Tenant Innovating Jogja 2018:Inkubasi Bisnis Bidang Batik  adalah sebagai berikut:
Warga Negara Republik Indonesia Masyarakat umum, mahasiswa, alumni SMA/SMK yang berdomisili di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta atau memiliki Kartu Tanda Penduduk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
Maksimal berusia 40 tahun pada saat pendaftaran
Mampu mengoperasikan MS Office atau program sejenis
Mempunyai kecakapan, keterampilan dan jiwa wirausaha
Mempunyai visi dan keinginan berwirausaha yang dibuktikan dengan proposal wirausaha
Memiliki ide inovasi sesuai fokus usaha yang dipilih

Pelamar masuk ke website https://bbkb.kemenperin.go.id/
Isi dan submit formulir registrasi sesuai tautan link yang disediakan
Apabila memiliki kendala maka formulir dan berkas pendaftaran dapat diserahkan ke kantor Balai Besar Kerajinan dan Batik Jl. Kusumanegara No. 7 Yogyakarta

Pendaftaran dibuka tanggal 25 Juni s.d. 22 Juli 2018

CONTACT PERSON
1. Harnandito Paramadharma     / 087839173041     / dito.dharma@gmail.com
2. Titis Phiranti Rahayu Ningsih  /   085645609567  /    titis.prn@gmail.com
3. Demas YogoPranoto   /  085640200291   /  demas@kemenperin.go.id
Sekretariat Panitia: Balai Besar Kerajinan dan Batik Jl. Kusumanegara No. 7, Yogyakarta 0274 – 546111 bbkb@kemenperin.go.id

download panduan