PMW

PMW

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (dikti), Kementerian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis IPTEKS kepada para mahasiswa agar menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Dalam rangka keberlanjutan, program ini juga bertujuan mengembangkan kelembagaan pada perguruan tinggi yang dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi yang pada kenyataannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

ISI Yogyakarta telah dipercaya oleh Dikti untuk menyelenggarakan PMW selama tiga tahun, yaitu 2009, 2010 dan 2011. Sebagai pendidikan tinggi seni, PMW di ISI Yogyakarta diarahkan untuk dapat menghasilkan mahasiswa wirausahawan yang kreatif dan inovatif mengembangkan usahanya berbasis bidang seni yang digelutinya. Beberapa usaha yang berhasil didirikan oleh mahasiswa peserta PMW sebelumnya diantaranya adalah usaha di bidang kerajinan, t-shirt, studio musik, EO pertunjukan, studio foto, dll.

Persyaratan bagi mahasiswa:

  1. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 Universitas / Institut / Sekolah Tinggi yang telah menyelesaikan kuliah minimal 2 semester dan maksimal 6 semester.
  2. Peserta dapat individu atau berkelompok (3 orang) bisa satu prodi, atau lintas prodi.
  3. Memiliki minat, bakat dan atau pengalaman berwirausaha.
  4. Mengikuti seleksi  yang meliputi aspek minat, motivasi berwirausaha, kelayakan usaha dan soft skills.
  5. Mahasiswa sanggup mengikuti seluruh kegiatan yang meliputi pelatihan, penyusunan business plan, magang, pelaksanaan usaha dan pelaporan usaha.
  6. Untuk usaha yang bersifat individu akan mendapat bantuan modal  kerja bergulir maksimum 8 juta/orang, sedangkan untuk kelompok sesuai jumlah anggota kelompok (3 orang) maksimum  24 juta/kelompok.
  7. Sanggup mengembalikan modal usaha sesuai skema pengembalian yang telah disetujui, untuk digulirkan pada mahasiswa yang lain oleh pengelola agar keberlanjutan program terlaksana.
  8. Mekanisme penyerahan modal kerja dan pengembaliannya diatur dalam kontrak kerja.

Tahapan Pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha

(jadwal dapat berubah sesuai kondisi)

No

Tahapan Kegiatan

Waktu

1

Sosialisasi

2

Pendaftaran Peserta dan Seleksi  –

3

Pengumuman Peserta lolos Seleksi

4

Pembekalan

  • Pendidikan dan Pelatihan
  • Magang

5

Pengumpulan dan Presentasi Final Business Plan

6

Pengumuman Peserta Lolos dan dana yang didapatkan

7

Pencairan Modal Kerja dan penandatanganan surat perjanjian

8

Start-up Business (memulai bisnis)

9

Pendampingan  –

10

Monitoring dan Evaluasi Program

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *